Tugas, Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara yaitu tugas pokok Diskominfo adalah membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten dalam fungsinya ;

  • Kepala Dinas

Memimpin dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas.

  • Sekretariat

Melaksanakan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian dan pelayanan administrasi dilingkunagan Dinas Komunikasi dan Informatika

Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi :

Menyusun administrasi penatausahaan keuangan, pengelolaan keuangan dan bertanggungjawab adminsitrasi keuangan serta menyusun, evaluasi pelaksanaan program kegiatan serta laporan di Dinas Komunikasi dan Informatika.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

Menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan dan kepegawaian di Dinas Komunikasi dan Informatika.

  • Bidang Komunikasi

Menyusun dan melaksanakan program, pedoman, serta kebijakan teknis di Bidang Komunikasi.

Bidang Komunikasi  terdiri atas 3 (tiga) seksi yaitu dengan tugas :

Seksi Media Massa :

Mengumpulkan bahan dan menyusun rencana pedoman/petunjuk pelaksanaan serta melakukan transformasi informasi dan komunikasi melalui media massa cetak, elektronik dan online, penyusunan materi informasi kebijakan Pemerintah Daerah, melakukan koordinasi pemberitaan daerah dan fasilitasi pengembangan kualitas insan pers, fasilitasi kerja sama dengan media massa, dan pengembangan literasi media, serta penyampaian hak jawab;

Seksi Dokumentasi dan Publikasi :

Mengumpulkan bahan dan menyusun dokumentasi serta publikasi kegiatan–kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah dan menyelenggarakan publikasi media luar ruangan, pembinaan perfilman dan diseminasi informasi melalui kesenian tradisional;

Seksi  Pelayanan Informasi :

Pengelolaan Informasi, fasilitasi kegiatan kehumasan Daerah, pelaksanaan UU KIP, penanganan aduan masyarakat, penyelenggaraan dialog interaktif radio Kartini dan pelayanan Informasi melalui website Pemerintah Daerah dan PPID.

  • Bidang Informatika :

Meyusun dan melaksanakan program, pedoman serta kebijakan teknis di bidang e-government, keamanan informasi, teknologi informasi, Persandian, Statistik.  Bidang Informatika terdiri atas 3 (tiga) seksi dengan tugas yaitu :

Seksi Pengembangan e-Government dan Keamanan Informasi :

Pembinaan, pengawasan, pemantauan  operasional standart teknis pengembangan informatika, dan pengumpulan, verifikasi, perekaman data, pengendalian data hasil perekaman dan penyajian data secara elektronik maupun manual, dan penatakelolaan keamanan informasi.

Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Persandian :

Melakukan Pengawasan, pemantauan standar teknis infrastruktur Teknologi Informasi dan Persandian.

Seksi Informasi Statistik :

Merencanakan, menetapkan dan atau melaksanakan pelayanan informasi statistik.

 

Fungsi 

  • Sekretariat berfungsi  :
    1. Pengkoordinasian di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
    2. Pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
    3. Pembinaan dan dukungan administrasi yang meliputi keuangan, hukum, hubungan masyarakat, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian, dan pelayanan administrasi di di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika ;
    4. Pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
    5. Pengkoordinasian pelaksanaansistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
    6. Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
    7. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
    8. Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan fungsinya.
  • Bidang Komunikasi berfungsi :
    1. Perencanaan program, pengawasan dan evaluasi dibidangnya;
    2. Penyusunan pedoman/petunjuk pelaksanaan kegiatan hubungan masyarakat, memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dan media massa, melakukan desiminasi informasi dan pembinaan komunikasi, baik komunikasi interpersonal maupun sosial, menjadi juru bicara Pemerintah Daerah, melakukan dokumentasi dan publikasi kegiatan Pemerintah Daerah.
    3. Koordinasi pelaksanaan kegiatan kehumasanPemerintah Daerah;
    4. Pelaksanaan pemberian pelayanan informasi kepada masyarakat dan media massa, melakukan desiminasi informasi dan pembinaan komunikasi, baik komunikasi interpersonal maupun sosial, menjadi juru bicara Pemerintah Daerah, melakukan dokumentasi dan publikasi kegiatan Pemerintah Daerah;
    5. Pemberdayaan media massa dan dokumentasi/publikasi tentang program/kegiatan Pemerintah Daerah;
    6. Pelayanan Informasi Pemerintah Daerah, Negara dan Pemerintah;
    7. Pelaksanaan dokumentasi/publik kegiatan-kegiatan Pemerintah Daerah;
    8. Penyelenggaraan administrasi bidang media massa , dan dokumentasi/publikasi;
    9. Fasilitasi dan pelaksanaan penerbitan/dokumentasi daerah;
    10. Pelaksanaan pengisian konten website milik Pemerintah Daerah;
    11. Fasilitasi dan pelaksanaan komunikasi interaktif;
    12. Penyelenggaraan kegiatan administrasi bidang Komunikasi; dan
    13. Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan fungsinya.
  • Bidang Informatika berfungsi :
  1. Penyusunan rencana perumusan sasaran, penyempurnaan dan perancangan sistem aplikasi;
  2. Pengembangan sistem komunikasi berbasis teknologi informasi secara internal Pemerintah Daerah, antara Pemerintah Daerah dengan publik dan fasilitasi sarana teknik telematika untuk pelayanan publik di Daerah;
  3. Penyelenggaraan kerja sama teknis untuk menunjang peningkatan pemanfaatan teknologi informasi;
  4. Penyusunan pedoman pelaksanaan operasional berdasarkan analisis sistem;
  5. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang tata kelola , teknologi dan infrastruktur keamanan informasi;
  6. Pelaksanaan kebijakan di bidang pembentukan budaya keamanan informasi dan kerangka kerja pengamanan informasi;
  7. Pengawasan/pengendalian terhadap penyelenggaraan telekomunikasi yang cakupan areanya dalam daerah, penyelenggaraan warung telekomunikasi, warung internet atau sejenisnya;
  8. Pendataan dan penetapan retribusi menara telekomunikasi;
  9. Pelayanan Persandian dan Informasi Statistik;
  10. Menyelenggarakan statistik sektoral Daerah; dan
  11. Pelaksanaan fungsi Kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan fungsinya.